06/02/2023

Game Roguelike Yang Wajib Di Coba 2023

Game Roguelike

Game Roguelike, Dari semua genre game yang sudah ada, roguelike dan juga roguelite menjadi salah satu yang paling mengundang rasa nagih. Genre ini miliki 2 ciri khas – permadeath dan juga level yang selalu berbeda tiap kali dimainkan.

Meskipun secara garis besar sama, roguelike dan roguelite miliki satu perbedaan besar. Roguelike membuat progresmu benar-benar kembali dari nol di tiap playtrough, sedangkan Roguelite setidak-tidaknya membawakan progresi ke pada karakter mau itu seminim apapun, membuat playthrough selanjutnya akan berjalan lebih mudah karena upgrade baru yang dimiliki.

Roguelike/lite menjadi genre populer di pasar game indie. Melihat dana produksi mereka terbatas dan permintaan gamer yang selalu inginkan game dengan durasi lama dan replaybility tinggi, genre ini menjadi solusi termudah bagi developer indie tanpa harus menghabiskan waktu banyak pada produksi level.

Pada kesempatan kali ini, kami akan bicarakan kumpulan roguelike/lite favorit kami. Bahkan untuk kamu yang baru mengikuti atau dulunya tidak begitu menyukai genre ini, mungkin game-game berikut dapat menarik perhatianmu.

1. Game Roguelike Nuclear Throne

Game Roguelike

Nuclear Throne ialah game twin-stick shooter dengan grafis pixel-art yang miliki gameplay cepat dan juga hujan peluru. Game ini tak miliki sistem upgrade permanen atau fitur unik yang ada dari roguelike modern sekarang, namun replaybility datang dari pilihan 12 karakter yang di mana miliki keunikan masing-masing, membuat tiap di antaranya harus di mainkan dengan playstyle yang berbeda-beda.

Tiap karakter juga miliki cabang mutasinya masing-masing, membuat game semakin menyenangkan ketika kamu dapatkan kombinasi skill yang membuat karaktermu semakin OP dalam menghadapi tiap level.

2. Game Roguelike Noita

Noita ialah game di mana “tiap pixel di simulasikan secara fisik”. Singkatnya ialah semua pixel mulai dari tanah hingga proyektil sihir miliki reaksi tersendiri ketika berinteraksi. Untuk mendukung fitur tersebut, game fokus pada aspek elemental pada gameplay. Apabila kamu terjebak dalam suatu ruangan, ledakan atau lelehkan tanah penghalangmu selalu menjadi solusi.

3. Game Roguelike Risk of Rain 2

Game Roguelike

Berbeda dari game pertama, Risk of Rain 2 berubah menjadi game 3D namun dari aspek gameplay tetaplah sama dan bahkan jauh lebih baik lagi karena ruang bergerak yang lebih luas.

Pada game ini, kamu mencoba selamatkan diri dari beberapa level yang terus di banjiri musuh yang di mana menjadi sumber untuk mendapatkan uang yang di mana akan di habiskan untuk item upgrade. Semakin lama bertahan, semakin banyak uang, dan semakin banyak item yang bisa dibeli, tetapi itu juga berarti semakin bertambah tingkat kesulitan dalam game. Keasikan game ini datang dari kamu mencoba membangun karakter se-imba mungkin dan kumpulan karakter yang miliki playstyle unik masing-masing. Game ini juga dapat di mainkan bersama teman bagi kamu yang ingin menderita bersama.

4. Game Roguelike Enter the Gungeon

Enter the Gungeon miliki satu tema konsisten – senjata api. Tiap aspek dari game ini ialah senjata api. Mulai dari senjatanya sendiri, musuh yang selalu menembak peluru, musuh yang berbentuk peluru, senjata yang menembak senjata api yang kemudian menembak peluru shotgun, dan di alog dari beberapa karakter dalam game selalu menjadi lelucon tentang senjat api.

Game ini miliki ratusan senjata mulai dari yang biasa seperti shotgun dan rifle hingga referensi-referensi dari senjata ikonik game lain seperti plasma cutter dari Dead Space hingga blaster dari Ghostbuster. Koleksi senjata yang bejibun ini sudah cukup untuk menjadikan game ini salah satu yang terbaik, dan alasan kenapa game dapat membuatmu ketagihan untuk memainkannya.

5. Into the Breach

Berbeda dengan tipikal roguelike/lite yang biasanya mengusung aksi combat realtime, Into the Breach ialah game strategi turn-based di mana kamu di buat harus berhati-hati akan tiap langkahmu.

Pada game ini kamu mencoba untuk melindungi masyarakat dari serangan alien raksasa tetapi di waktu yang sama juga harus memperhatikan kondisi dan limitasi prajurit mecha-mu. Bisa di bilang game ini seperti catur, yang di mana bisa rewind waktu apabila kondisi berjalan begitu buruk. Setelah mengerti konsep dan mekanik dari game, Into the Breach sulit untuk di lepas.

6. Prey: Mooncrash

Dari semua game yang telah disebutkan di atas, Prey: Mooncrash menjadi satu-satunya produksi dari studio AAA tepatnya Arkane

Studios yang di kenal akan seri Di shonored.

Prey: Mooncrash juga pada dasarnya bukanlah game, melainkan DLC terpisah dari Prey (2017). Pada ekspansi ini, kamu di tugaskan untuk bebaskan diri dari bulan yang di mana layout peta, rintangan dan juga musuh selalu berubah-ubah setiap kali di mainkan yang di mana membuat DLC ini pantas di kategorikan sebagai roguelike.

Prey: Mooncrash adalah DLC yang fantastis dan bagi kamu yang tertarik, jangan lupa untuk memainkan game utamanya juga

yang bisa di bilang underrated.

7. Slay the Spire

Slay the Spire merupakan kombinasi unik antara roguelike dan juga kartu. Pada game ini, kamu mencoba menuju akhir dungeon dengan deck kartu yang di miliki oleh masing-masing karakter. Semua aksimu tergantung pada kartu yang kamu dapatkan,

dan untuk menambah combat di game lebih menarik, ada berbagai macam buff. debuff, dan elemen kompleks lainnya yang membuat

kamu benar-benar berpikir sebelum melepaskan kartu.

8. pelunky dan Spelunky 2

Spelunky dapat di bilang sebagai salah satu suksesor awal genre roguelike. Banyak game dari genre yang sama mengambil blueprint dan inspirasi dari game buatan Derek Yu ini.

Spelunky berawal sebagai game open-source pada tahun 2008 sebelum di buat remake pada tahun 2012 yang kemudian di buatkan sekuel

pada tahun 2020. Game ini miliki formula yang sederhana, kamu bermain sebagai Spelunker yang mencoba melakukan petualangan

bawah tanah mencari harta kartu ala Indiana Jones.

Berbagai rintangan dan jebakan memenuhi level dan kamu harus mencari caramu sendiri untuk dapat mencapai akhir level. Kebebasan dalam melewati level dan ketidakpastian akan apa yang bakal menghampirimu di tiap level membuat game ini menjadi

salah satu roguelike terbaik oleh banyak fans.

9. Monster Train

CYa

Monster Train miliki konsep yang sama seperti Slay the Spire, namun elemen unik yang membuatnya beda ialah game ini juga tower-defense ketimbang sekedar fokus pada satu karakter.

Pada game ini, kamu di tugaskan untuk melindungi core dari kereta yang terus berjalan dari serangan musuh yang selalu datang dari lantai bawah. Kamu harus menggunakan deck kartu yang kamu miliki untuk mencegah musuh mencapai level utama di mana lokasi core kereta berada. Tiap musuh miliki taktik bertarung masing-masing dan tiap lokasi dapat memberimu efek khusus yang dapat membantu atau bahkan merugikanmu. Apabila kamu menyenangi kombinasi kartu dan tower-defense, game ini menjadi salah satu pilihan terbaik.

Nah itula daftar Game Roguelike yang wajib di coba teman-teman jadi maninih game yang akan kallian mainkan terlebih dahulu sobat. jika sobat tau Game Roguelike lainnya kasitu jodiknya sobat.